S1
TUMBUH KEMBANG PADA MASA
USIA SEKOLAH

Anak usia sekolah adalah anak yang sedang menekuni proses pendidikan mulai pada tingkat pra sekolah (TK), sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama dan menengah atas. Pada tahap ini masalah kesehatan sangat berpengaruh pada kualitas tumbuh kembang anak di kemudian hari pada saat dewasa

Kategori anak berdasarkan Undang Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak adalah seseorang yang belum berusia 18 tahun, termasuk bakal bayi yang masih dalam kandungan ibunya. Saat ini derajat kesehatan anak belum bisa dikatakan membaik, karena kasus kesakitan pada anak dan kematian masih marak, terutama gizi buruk pada anak.

Sementara kewajiban negara untuk melindungi anak termasuk kesehatan anak karena pada hakekatnya melindungi anak sama dengan melindungi kehidupan masa depan bangsa dan negara. Dalam Undang Undang Nomor 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan, masalah kesehatan anak mendapatkan perhatian secara proporsional.
Seperti terlihat pada pasal 17 ayat (2) yang mengatakan bahwa peningkatan kesehatan anak dilakukan sejak dalam kandungan, masa bayi, masa balita, usia prasekolah dan usia sekolah. Sedang masalah pelayanan kesehatan pada anak diatur pada pasal 8 yang menegaskan bahwa anak berhak mendapatkan pelayanan kesehatan dan jaminan sosial sesuai kebutuhan fisik, mental, spiritual dan sosial.

Malah pada permulaan milenium ketiga lalu, angka kematian dan kesakitan anak Indonesia masih tinggi. Angka kematian bayi dalam kurun waktu tiga tahun (1998-2001) meningkat dari 49 per 1.000 kelahiran hidup menjadi 51 per 1.000 kelahiran hidup. Meski belum mendapatkan data terakhir (2008), setidaknya angka tersebut dapat menjadi parameter dalam mengukur derajat kesehatan anak Indonesia kontemporer. Jenis penyakit penyebab kematian anak usia 0-4 tahun adalah diare, infeksi saluran pernafasan atas, gangguan saluran pencernaan, gangguan perinatal, tetanus, tifus, dan penyakit saraf. Sedang penyakit yang menjangkiti anak usia sekolah (5-18 tahun) adalah infeksi termasuk diare, tifus, neoplasma dan bahkan kecelakaan.

Diare, infeksi saluran pernafasan, demam berdarah dan malaria adalah jenis-jenis penyakit yang mudah menyerang pada anak karena disebabkan lingkungan sekitar yang tidak sehat. Lingkungan yang sehat terkait dengan ketersediaan cakupan air bersih, fasilitas sanitasi dan kepemilikan jamban keluarga. Berkaca ke negara-negara maju, sumber air harus dilindungi hukum secara ketat, misalnya memagari sumber air bersih dalam radius satu kilometer agar terjaga ketersediaan air bersih bagi masyarakat.

Pada sisi lain, dokter spesialis anak belum memenuhi rasio yang ideal yakni satu dokter anak menangani 600-800 pasien anak. Sementara saat ini rasio tidak seimbang karena jumlah dokter anak sekitar 2.500 dokter melayani pasien anak yang mencapai 45 juta jiwa.
Apalagi, dokter spesialis anak lebih banyak beraktifitas dan bertempat tinggal di daerah perkotaan. Tentu saja rasio yang tidak seimbang ini tidak dapat memenuhi hak-hak anak yang diserukan dalam Konvensi Hak Anak PBB yang menyebutkan bahwa hak anak harus memperoleh perlindungan, ketenangan, makanan bergizi, penddikan, bermain, menyatakan pendapat, berpikir masa depan dan sebagainya. Konvensi tersebut telah diratifikasi Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 36 Tahun 1990.

Usia Sekolah
Secara umum, batas usia anak biasa dilihat berdasarkan pertumbuhan fisik, perkembangan psikosisoal dan karakteristik kesehatannya. Sedang anak usia sekolah dikelompokkan berdasarkan batas usia: prasekolah, usia sekolah, remaka, awal usia dewasa sampai pada tahap perkembangan yang sudah lengkap.
Anak usia sekolah adalah anak yang sedang menekuni proses pendidikan mulai pada tingkat pra sekolah (TK), sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama dan menengah atas. Pada tahap ini masalah kesehatan sangat berpengaruh pada kualitas tumbuh kembang anak di kemudian hari pada saat dewasa.
Gangguan kesehatan yang sering timbul pada usia sekolah adalah gangguan kesehatan umum, gangguan perilaku, gangguan perkembangan fisiologis hingga gangguan dalam belajar. Untuk mencegah atau mengurangi potensi komplikasi dan permasalahan kesehatan anak, perlu dilakukan deteksi dini gangguan kesehatan agar tidak berkembang menjadi masalah berat.

Deteksi dini bisa dilakukan dengan meningkatkan perhatian yang lebih besar terhadap usia sekolah, sama halnya dengan perhatian ketika anak masih balita. Hal ini dilakukan dengan harapan tercipta anak usia sekolah yang sehat, cerdas dan berprestasi baik.

Masalah tumbuh kembang anak usia sekolah sama pentingnya dengan masalah tumbuh kembang anak balita pada golden period (1-5 tahun). Pertumbuhan pada masa usia sekolah berkaitan dengan maalah perubahan dalam hal jumlah, ukuran, besaran, dan dimensi sel dan organ tubuh anak yang tercermin dalam ukuran berat, ukuran panjang, umur tulang dan keseimbangan metabolik.

Sedang perkembangan anak usia sekolah berhubungan dengan bertambahnya kemampuan dan ketrampilan dalam struktur tubuh dan fungsi-fungsinya dalam pola yang teratur. Perkembangan juga terkait dengan proses diferensiasi sel-sel dan organ tubuh, sistem organ dan jaringan tubuh yang berkembang sedemikian rupa dalam memenuhi fungsi-fungsinya dan menghasilkan perkembangan emosi, kemampuan intelektual dan perilaku hasil interaksi dengan lingkungan.

Singkatnya, pertumbuhan berdampak pada aspek fisik anak, sedangkan perkembangan berdampak pada kematangan fungsi organ tubuh anak. Keduanya harus tumbuh seimbang dan saling mempengaruhi setiap anak usia sekolah.




Kesehatan Sekolah
Secara epidemologis, faktor lingkungan sekolah merupakan basis utama penyebaran penyakit pada anak. Faktor sanitasi sekolah dan faktor keamanan pangan yang tidak terawasi adalah penyebab terjangkitnya banyak penyakit pada anak seperti demam berdarah dengue, diare, cacingan dan infeksi saluran pernafasan akut.
Pada daerah perkotaan, gangguan kesehatan anak juga disebabkan oleh limbah industri dan tumah tangga, emisi gas buang kendaraan, kebisingan dan gangguan akibat paparan asap.
Untuk meminimalisir peningkatan angka kesakitan anak, perlu senantiasa disosialisasikan perilaku hidup sehat pada anak. Bila dibagi berdasarkan tingkat sekolah, perilaku kesehatan anak usia TK dan SD dianjurkan seperti kebiasaan cuci tangan pakai sabun, gosok gigi yang baik dan benar dan kebersihan diri lainnya.
Penularan penyakit ini sangat cepat melalui sentuha ait hidung atau mulut, kencing atau pengeluaran lanilla. Virus masuk ke tubuh anak biasanya melalui rongga mulut dan saluran pencernaan. Masa inkubasi selama 3-6 hari. Gejala infeksi seperti demam ringan, nyeri otot, hilang selera makan dan selalu gelisah. Infeksi tangan dan mulut dapat pula menyebabkan infeksi otot jantung (myocarditis), infeksi paru (pneumonia) dan infeksi otak (meningoencephalitis).
Sedang penyakit varisela merupakan penyakit anak-anak yang sudah berlangsung lama dan dikenal masyarakat sebagai penyakit cacar air. Gejalanya adalah kondisi tubuh melemah, pusing, demam, timbul bintik-bintik dalam waktu 24 jam kemudian yang berkembang menjadi lesi dan menjadi benjolan-benjolan kecil berisi cairan. Benjolan cairan itu akan menyebar pada seluruh bagian tubuh. Lesi ini akan mengering dalam kurun waktu satu minggu dan terasa gatal. Setelah tiga minggu, bekas pada kulit akan mengering dan terlepas sendiri.
Sementara itu penyakit campak ditularkan oleh virus campak. Proses penularannya melalui udara atau kontak langsung dengan penderita. Gejala-gejalanya seperti demam, batuk, pilek dan timbulnya bercak merah pada kulit sekitar 3-5 hari setelah anak menderita demam.
Bercak merah itu biasanya diawali di pipi dekat daun telinga dan kemudian menyebar ke wajah, dan anggota tubuh lainnya. Anak yang menderita campak harus dilarang masuk sekolah agar tidak menular ke siswa lainnya.
Lain halnya dengan campak jerman atau penyakit rubela yang disebabkan oleh virus rubela. Penularannya juga lewat udara. Penderita penyakit ini gejalanya adalah timbul bercak merat pada kulit, demam, pembesaran getah bening di leher dan bagian belakang kepala.
Selain itu, dikenal juga penyakit lain yang masuk kategori non infeksi yang dapat menjangkit anak usia sekolah seperti alergi, cacingan, disleksia dan banyak lagi lainnya. Dibutuhkan perhatian orang tua dan negara untuk menjaga kesehatan anak, karena kesehatan anak adalah investasi masa depan negara dan bangsa.
0 Responses

Posting Komentar

  • My Profileeee.........!!!

    Pengikut

    Entri Populer

  • Kalender Bulanan


    Jam Digital

    My Song